Cara Mengamankan profil Facebook


Pada artikel sebelumnya telah saya sampaikan cara mengubah login facebook, maka sekarang akan saya mengamankan profil fbsampaikan bagaimana tips atau cara untuk mengamankan profile kita dari perilaku duplikasi/bajakan/meniru oleh ulah oknum (baca : orang iseng) yang sengaja membuat profil sama dengan profil kita. Tentunya dengan tujuan yang kurang baik, tidak elegan dan juga merugikan kita minimal membuat kita jadi was-was dan kurang nyaman dengan keberadaan profile yang sama dengan profil facebook kita, juga membuat bingung teman kita.
Tidak hanya profil yang bisa diduplikasi tetapi fan page dan group di dalam facebook bisa diduplikasi dengan sama persis baik nama maupun fotonya. Sebenarnya, kalau kita jeli tentu tidak akan menjadi masalah dengan duplikasi profile/group facebook tersebut karena kita bisa melihat keasliannya melalui friendlist dan member dari group tersebut. Tetapi bagi mereka yang kurang jeli dan belum tahu sama sekali dengan keberadaan profile/group yang asli tersebut tentunya akan membingungkan. Lalu bagaimanakah caranya untuk mengamankan profil facebook kita agar keasliannya dapat kita tunjukkan kepada orang lain? Berikut ini cara-cara yang harus dilakukan :
Setelah login di akun facebook, klik tab "profil" kemudian block/sorot alamat pada address bar browser Anda lalu copy (lihat gambar 1):
address bar.jpg









Lalu Anda buka alamat http://bit.ly kemudian masukkan (paste) link copian dari profile facebook Anda tadi ke kolom di bawah tulisan "Enter your long link or file here:" (lihat gambar 2)

bit-1.jpg









Setelah dipaste, kemudian klik "shorten" sehinggga setelah proses tampilannya seperti gambar 3 berikut.
bit-2.jpg












Kemudian pada kolom "custom name" masukkan dengan nama yang Anda inginkan (pada contoh kali ini saya isikan nama "damaihati"). Catatan: apabila nama yang Anda inginkan sudah dipakai oleh orang lain, maka Anda harus membuat nama yang lain sampai nama itu tersedia. Setelah itu klik tombol "save" sehingga tampilannya seperti pada gambar 4.
bit-3.jpg











Nah, berarti sekarang sudah jadi alamat profil facebook yang baru yaitu menjadi http://bit.ly/damaihati. Sekarang copy alamat tersebut dan paste ke address bar browser, sehingga hasilnya akan terlihat menuju (redirect) ke halaman profile facebook damai hati.
Kemudian langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memasukkan alamat dari bit.ly tersebut ke info website di profile facebook.
Caranya : Klik Profil - Info - Informasi Kontak - Situs Web (paste di sini alamat bitly Anda (contoh: http://bit.ly/damaihati), kemudian Simpan perubahan. Dan diatur agar alamat web tadi bisa terlihat oleh semua orang, caranya : masuk ke akun - pengaturan privasi - informasi kontak - Situs web (pilih "semua orang"). Sehingga bila profile facebooknya dibuka akan terlihat alamat Situs Web Anda seperti gambar 5.
gambar profil fb.jpg















Nah sekarang jadi lebih mudah bagi teman Anda maupun orang lain untuk mengingat dan mengerti alamat profile facebook (group dan fan page) Anda yang ASLI, dan TIDAK MUNGKIN bisa disamai (meskipun nama dan foto profil facebook Anda bisa disamai) oleh orang lain. Kesimpulannya, Anda bisa meyakinkan keaslian profil facebook Anda kepada orang lain dengan cara memberikan alamat website dari bit.ly Anda dan jumlah friendlist yang Anda miliki. Semua langkah tersebut bisa Anda terapkan juga untuk akun jejaring sosial lain seperti twitter, buzz it, dan sebagianya. Inga-inga, jejaring sosial sekarang sudah dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab (baca: pengecut) sebagai jejaring sial dan jejaring sesal bagi yang terperangkap. Maka berhati-hatilah dan tetap jaga diri, hehe. Selamat mencoba.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengamankan profil Facebook"

Posting Komentar

Mhoza CupLas CupLis. Diberdayakan oleh Blogger.